Fanspage

Friday, December 30, 2016

Wisata Kediri Gumul (SLG)

"WISATA KEDIRI TERBARU SIMPANG LIMA GUMUL (SLG)"

Hey, jumpa lagi dengan saya di Wisata Kediri yang slalu memberikan tempat - tempat pilihan nongkrong kamu waktu berada di Kediri.


Tempat Wisata di Kediri - Kediri merupakan kota terbesar ke tiga di Jawa Timur setelah Kota Surabaya dan Kota Malang. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik yang layak untuk di kunjungi, Wisata andalan Kediri adalah wisata alam. wisata modern di kota ini juga tidak kalah bersaing dengan wisata alam. Banyak tempat wisata modern yang giat dibangun di kota yang terkenal dengan sebuatan kota tahu ini, yang seakan-akan Kediri ingin memunculkan 2 ikon wisata andalan yang berpadu antara wisata alam dan modern.

Kediri memiliki sebuah sejarah masa lalu yang cukup besar, di kota inilah pernah berdiri sebuah kerajaan besar pada masa lalu yaitu kerajaan kediri yang di pimpin oleh Prabu Sri Aji Jayabaya. Banyak situs - situs bersejarah peninggalan masa lalu yang ditemukan di kediri. Sungguh kombinasi unik antara wisata alam, wisata modern, dan wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dan setelah sebelumnya saya membahas tentang Gua Selomangleng. Sekarang saya mau membahas Keindahaan Simpang Lima Gumul (SLG) yang menjadi ikon kabupaten Kediri yang bentuknya menyerupai Arc de Triomphe yang berada di Paris, Perancis. SLG mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008, yang digagas oleh Bupati Kediri saat itu, Sutrisno. Bangunan ini terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

 wisata kediri SLG
Baca juga: Wisata Besuki
Jika Arc de Triomphe dibangun untuk menghormati para pejuang yang bertempur dan mati bagi Perancis dalam Revolusi Perancis dan perang napoleon. namun belum ada kejelasan mengapa dan untuk menghormati siapa Monumen Simpang Lima Gumul Kediri ini dibangun. Dalam beberapa sumber menyebutkan, bahwa didirikannya monumen ini dikarenakan terinspirasi dari Jongko Joyoboyo raja dari Kerajaan Kediri abad ke-12 yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri.


Selain fotografi dan tempat bersantai, SLG juga mempunyai taman wisata keluarga, taman bermain anak-anak dan juga dekat dengan Wisata Gumul Paradise Island.Sebaiknya mengunjungi tempat ini pada pagi atau sore hari karena saat siang hari sangat panas.
wisata kediri SLG

Jika malam hari telah tiba,kawasan ini semakin ramai dengan orang orang yang ingin bersantai,menikmati kuliner tradisional yang berjualan di pedagang kaki lima yang berjejer di area Pasar Tugu serta berfoto-foto di area monument . namun jika hari libur datang yaitu hari sabtu dan minggu kawasan ini ramai sekali dikunjungi oleh masyarakat kediri untuk sekedar berolahraga,rekreasi bersama keluarga, dan juga menikmati ramainya pasar sabtu Minggu (Tugu).


wih seru juga ya ternyata di kediri. nah jika kalian berkunjung ke kediri jangan lupa ya untuk berfoto serta manikmati kuliner di malam hari di area monument simpang lima gumul ini.

wisata kediri SLG


Daya tarik yang dari monument simpang lima gumul:


1. Desain dan arsitektur dirancang hampir menyerupai Arch D’Triomphe Perancis, namun lebih ditonjolkan ke seni budaya Kabupaten Kediri
2.Diorama tentang sejarah Kediri di dalam gedung
3.Tinggi monumen 28 m, 8 lantai
4.Tiga jalan terowongan bawah tanah untuk menuju ke monumen
5.Posisi tepat di tengah simpang lima dan di pusat perdagangan Kabupaten Kediri
6.Wisatawan dapat mencapai anjungan untuk melihat keindahan Kediri dari atas monumen
7.Pelayanan Pusat Informasi Pariwisata dan Potensi Kabupaten Kediri
8.Disediakan mini market, cafetaria, dan toko beragam souvenir khas Kediri

Demikian ulasan tentang wisata Gumul atau yang biasa disebut SLG saya ulas. Bagaimana? tertarikkah untuk mengunjungi. Ajak keluarga atau orang terdekat kalau disini. Pasti seru.
Kunjungi blog wisata saya yang laen juga ea. Kritik dan saran silahkan komen dibawah. Terima kasih dan Selamat Berlibur.

Jangan lupa like ea.

Bye - Bye......


EmoticonEmoticon