Fanspage

Tuesday, January 31, 2017

Wisata Kediri Museum Airlangga

"SEJARAH MUSEUM AIRLANGGA KEDIRI"


 wisata museum airlangga kediri

Selamat Malam, Bertemu lagi dengan saya di Wisata Kediri. Yang tak henti - hentinya memberikan informasi destinasi tempat wisata asik yang Berada di Kota Kediri.

Tempat wisata di Kediri memang ada banyak sekali. Kebanyakan dari tempat wisata di Kediri tersebut memberikan suatu pengalaman yang menarik bagi para wisatawan yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Keberadaan tempat wisata di Kediri tersebut memang memberikan arti yang besar bagi pemerintah dan juga warga sekitar tempat wisata tersebut. Hampir sebagian besar pendapatan daerah dari kota Kediri berasal dari sektor pariwisata. Selain itu, perekonomian warga sekitar tempat wisata juga meningkat karena banyak warga yang memanfaatkan tempat wisata tersebut sebagai salah satu sumber penghasilan sehari-hari yaitu dengan menjual berbagai aneka makanan khas Kediri ataupun menawarkan berbagai macam jasa lainnya. Hal inilah yang membuat pemerintah kota Kediri khususnya selalu menjaga dan merawat tempat wisata yang ada dengan segenap jiwa dan raga sehingga keutuhan dan kelestarian tempat wisata tersebut tetap terjaga.

Sebenarnya banyak sekali tempat wisata di Kota Kediri yang mungkin saja banyak dari kamu tidak mengetahuinya. Seperti yang sudah saya bahas di artikel - artikel sebelumnya. Simpang Lima Gumul (SLG), Wisata Sumber Podang, Alun - Alun Kediri, dan masih banyak juga lainnya. Tapi untuk saat ini saya akan membahas tentang museum yang berada di Kota Kediri. 

Yupps, Museum Airlangga. Museum Airlangga Kediri ada di Jl. Mastrip 1, Selomangleng, yang menyimpan arca batu dan benda peninggalan dari jaman kejayaan Mataram Hindu. Pada kali pertama ke Selomangleng, museum ini baru saja tutup, dan baru keesokan harinya saya bisa masuk ke gedung museum.
Nama Museum Airlangga Kediri diambil dari nama Raja Airlangga yang lahir di Bali pada 990 dan diduga wafat di daerah Belahan di lereng Gunung Penanggungan pada 1049. Airlangga, artinya “Air melompat”, adalah pendiri Kerajaan Kahuripan yang memerintah pada 1009-1042.

Ia bergelar Abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa. Adalah Airlangga yang meminta Mpu Kanwa untuk menggubah Kakawin Arjunawiwaha pada 1030, menyadur Wanaparwa, kitab ketiga Mahabharata karya Vyasa. Setelah gagal menempatkan putranya sebagai raja di Bali, Airlangga memerintahkan Mpu Bharada untuk membelah kerajaannya menjadi dua, menjadi Kerajaan Kadiri dan Kerajaan Janggala, dan diberikan kepada kedua putranya.


Museum Airlangga Kediri


Alamat: Jl. Mastrip 1 Kawasan Selomangleng, Kediri. Telp. (0354) 773157, Fax. (0354) 686613. Lokasi GPS: -7.80755, 111.9739, Waze. Jam buka 08:00 – 14:00, Senin s/d Jumat. Harga tiket masuk Rp. 4.000.

Bangunan Museum Airlangga Kediri memiliki atap limasan dan dinding kaca di sekelilingnya. Papan nama museum terbuat dari kayu ditempel di bagian depan. Di pojok kiri kanan luar terdapat arca penjaga. Arca di kanan menyerupai singa dengan kaki depan diangkat, sedangkan yang di kiri berupa raksasa namun wajahnya sudah tak jelas, dengan naga di kakinya.

Di bagian depan terdapat beberapa arca batu berbentuk Makara dalam berbagai ukuran yang diletakkan di ruangan terbuka museum yang disekat secara sederhana. Makara adalah binatang mitologis yang bentuknya menyerupai ikan namun memiliki belalai, biasanya digunakan untuk menyalurkan air di candi-candi Hindu atau sebagai pancuran.
Patung Airlangga di atas menggambarkan Raja Airlangga sedang naik Burung Garuda yang kakinya mencengkeram ular naga. Patung itu ada di halaman luar Museum Airlangga Kediri, di tempat terbuka. Dalam agama Hindu, Garuda adalah kendaraan Wisnu, dan Airlangga adalah penganut Hindu yang taat. Patung Airlangga ini bisa menggambarkan kebesaran kerajaannya.

Di bagian kanan ruangan ada Arca Nandi, kendaraan Shiwa. Nandi adalah lambang moral, keadilan, dan kekuatan, biasanya posisinya mendekam dengan kaki depan siap berdiri, menunjukkan kesiapan menerima perintah. Ada pula relief manusia pada batu candi dengan wajah menghadap ke samping, yang konon berhubungan dengan pemujaan roh leluhur.

Relief manusia di candi-candi di Jawa Tengah umumnya digambarkan secara natural dengan wajah menghadap ke muka. Di salam museum ada pula Jaladwara, batu pancuran yang ada di candi atau pemandian kuno. Pancuran air di candi pada umumnya menggunakan bentuk makara atau guci yang dibawa seorang pemuka agama, melambangkan kesucian dan kesuburan.


Arca Shivanandi yang disimpan di Museum Airlangga Kediri. Shiwa adalah dewa tertinggi Trimurti (Shiwa, Wisnu, Brahma), digambarkan bertangan empat (masing-masing memegang cemara, genitri, dan kendi), bermata tiga, ada ornamen ardha chandra (bulan sabit) di hiasan kepala, ikat pinggang dari kulit harimau, hiasan leher ular kobra, dan berkendara Nandini

Shiwa adalah dewa pemusnah, menghancurkan segala yang usang dan tidak layak lagi ada di dunia untuk dikembalikan ke asalnya. Arca Shiwa biasanya diletakkan di ruang utama candi. Ada pula jambang batu besar dengan hiasan bunga teratai lambang kesucian. Dalam agama Hindu, benda berpenampang mendekati lingkaran biasanya dikaitkan dengan asal mula kehidupan.

 wisata museum airlangga kediri

Koleksi Yoni juga ada di tempat wisata purbakala ini. Yoni umumnya berbentuk balok batu dengan lubang di tengah sebagai tempat Lingga (Shiwa). Ada cerat di salah satu sisinya untuk mengalirkan air pembasuh Lingga sewaktu upacara. Yoni, yang merupakan lambang kesuburan wanita, biasanya diletakkan di ruang utama candi dengan cerat menghadap ke arah utara.

Yang menarik di Museum Airlangga Kediri adalah arca berukuran sangat besar, diantaranya arca Ardhanari, Shiwa, Wisnu. Ardhanari, foto di atas, adalah lambang persatuan Shiwa dengan Parwati, isterinya, karenanya setengah pria dan setengah wanita, bertangan empat, dua tangan belakang memegang aksamala dan camara dan dua tangan lainnya diletakkan di depan perut.

Di obyek wisata ini juga ada koleksi Gentong Batu yang bentuk bulatnya bisa dikaitkan dengan padma, asal mula kehidupan, dan sebagai wadah air suci. Ada pula sejumlah Prasasti Batu berukuran sangat besar yang terbuat dari batu andesit dengan tulisan huruf Jawa kuno yang masih terlihat cukup jelas, dengan hiasan flora di bagian bawahnya.

Museum Airlangga Kediri di kawasan Selomangleng memiliki koleksi beragam dan bernilai tinggi, meskipun penataan interiornya terkesan sederhana. Keterangan pada setiap koleksi akan sangat membantu pengunjung dalam memahami arti masing-masing benda. Akan lebih membantu lagi jika ditambahkan keterangan mengenai riwayat penemuan benda-benda tersebut.

Hmm, Gimana Informasinya? Kalau kamu belum ada rencana mau kemana weekend ini. Silahkan datang ke Museum Airlangga ini. Jangan lupa bawa juga keluarga atau kerabat kamu. Biar makin mengenal Sejarah budaya bangsa. Hehehe. . . .

Saya kira cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Jangan lupa like Fanspage nya ea. Untuk mengetahui info – info tentang wisata Kediri terupdate lainnya.

Terima kasih dan selamat berlibur.

Wassalam. . . . . . . . .


EmoticonEmoticon